KPU: Daerah Terpencil Jadi Peroritas Utama Distribusi Logistik Pemilu

  • Whatsapp

Jakarta – Komisi Pemilihan Umum (KPU) sudah mulai mendistribusikan logistik seperti kotak dan surat suara pemilu ke sejumlah daerah. Pencetakan surat suara berlangsung di tiga kota, yaitu Jakarta, Makassar, dan Surabaya.

Komisioner KPU Ilham Saputra mengatakan, prioritas pendistribusian dilakukan untuk daerah-daerah jauh dan terpencil. Sementara kota-kota besar, contohnya Yogyakarta, masih belum ada pendistribusian.

“Surat suara kan saat ini sedang beredar, sedang cetak, beredar, cetak, distribusi, cetak, distribusi. Gitu kan kemudian didistribusikan ke daerah-daerah. Sampai saat ini yang belum sama sekali adalah Yogyakarta,” kata Ilham di Kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (12/2/2019).

“Kita mengutamakan daerah-daerah yang jauh terlebih dahulu. Aceh itu sudah semua dan beberapa daerah lain. Tapi yang belum sama sekali adalah Yogyakarta,” lanjutnya.

Selain itu, alasan lainnya mengapa KPU belum mendistribusikan logistik pemilu karena wilayahnya yang mudah dijangkau. Sehingga Ilham menilai pihaknya tak akan mengalami hambatan selama pengiriman.

“Kan Yogja percetakan kan di situ, dekat dan tidak. Secara geografis tidak ada persoalan krusial terkait dengan distribusi logistik tersebut,” ucap Ilham.

Namun, Ilham memastikan pihaknya telah menginstruksikan kepada seluruh KPU provinsi dan kabupaten/kota untuk berkoordinasi dengan Bawaslu hingga Polri terkait pendistribusian logistik. Salah satunya meminta KPUD melakukan supervisi berkala mencegah terjadi kendala.

“Karena kan setiap kabupaten/kota tidak datang semua bareng, misal daerah kabupaten kota yang jauh dulu saya dengar di Sumba, Dharmasraya sudah masuk, seperti itu,” jelas dia.

“Kedua, adalah saya instruksikan KPU provinsi berkoordinasi dengan Bawaslu kabupaten/kota maupun provinsi terkait distribusi logistik ini,” tutup Ilham. (kum) 

Pos terkait