Yogyakarta Jadi Tujuan Study Tour Pelajar di Kota Bekasi

  • Whatsapp

Bekasi – Hampir setiap tahun, sekolah-sekolah di Indonesia pasti melakukan study tour alias karya wisata. Kegiatan ini menjadi agenda tahunan yang sangat dinanti-nanti para siswa.

Tujuan dari study tour adalah untuk berwisata edukasi. Sehingga tak hanya berwisata, tetapi para siswa juga mendapatkan pengetahuan dari tempat wisata yang dikunjungi.

Saat ditemui Kamis, (14/02/2019) Sri, staf SMA Negeri 11 Kota Bekasi juga membenarkan hal tersebut.

“Kalau untuk ke Yogya, sebelumnya kita voting bersama orangtua sekaligus  minta izin, ” ungkapnya.

Adapun tujuan study tour ke Yogya, kata dia, untuk memberikan motivasi bagi para siswa kelas XII ke kampus. Pihaknya juga sudah mengadakan edufen bagi siswa kelas XII. ” Ada 10 Kelas yang berangkat. Disana (Yogya) cuma 3 hari. Sasarannya kampus UNJ, ” tuturnya.

Alasan kunjungan siswa ke Yogya ini menurut dia, karena sudah sesuai dengan Juknis Kurtilas 13 dan persetujuan para orangtua siswa. “Kita  ada berita acaranya dan itu juga sudah kita laporkan ke Disdik Jabar. ” tukasnya.

Terpisah, Tengku Imam Kobul Yahya, Direktur Bidang Pendidikan Dan Sosial LSM Satuan Pemuda Lingkar Demokrasi (Sapulidi) membenarkan kegitan study tour ada di dalam juknis Kurtilas 13.

“Tapi saat ini konsepnya berbeda. Sekarang dalam (study tour) juknisnya kan ada dugaan cari duit semata ” katanya menanggapi.

Mestinya menurut dia, pihak sekolah untuk melaksanakan study tour itu mencari yang lebih murah dan yang lebih dekat sesuai materinya.

“Contohnya, ke Monas, TMII, Planetarium, gedong juang Bukan ke Yogya, Bandung atau lainnya, Jadi study tour itu membuktikan teori kelas teri. ” tutur Tengku Imam Kobul. (norton).

Advertisement
READ  Wawakot Bekasi Terima Penghargaan Top Eksekutif Muslim 2019

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.