oleh

Disnaker Kota Bekasi Gelar Rekrutmen Pelatihan Kerja Gratis Untuk 10 Ribu Warga

Bekasi – Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Bekasi segera menggelar rekrutmen pelatihan tenaga kerja berbasis kompetensi dan pelatihan kewirausahaan untuk warga Kota Bekasi.

Dalam kesempatan ini, disediakan kuota peserta sebanyak 10 ribu orang tanpa dikenai biaya alias gratis.

Pelaksana tugas (plt) Kepala Disnaker Kota Bekasi, Sudirman, mengatakan pemerintah kota memiliki program 150 ribu penempatan kerja untuk warganya hingga lima tahun mendatang sesuai program prioritas wali kota dan wakil walikota.

Program pelatihan tenaga kerja yang digagas dinasnya bertujuan agar para pencari kerja memiliki kemampuan dalam menghadapi dunia kerja, sekaligus menjawab program prioritas tersebut.

“Kita ingin pencari kerja punya kemampuan yang baik sehingga bisa bekerja di perusahaan yang membutuhkan. Karena keahliannya ini, mereka bisa bekerja di Kota Bekasi dan di mana saja di Indonesia,” katanya, Senin (11/2/2019).

Pelatihan kerja ini merupakan hasil koordinasi dengan pemerintah pusat. Melalui Kementerian Tenaga Kerja (Kemnaker), dinasnya mendapat fasilitas untuk melatih warga di Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja Luar Negeri (BBPLK) Cevest Bekasi.

BBPLK Cevest Bekasi siap menampung sebanyak 3.500 peserta pelatihan dan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan menampung sebanyak 6.500 peserta.

Peserta pelatihan bisa diikuti oleh lulusan SMK di seluruh kecamatan dan kelurahan se-Kota Bekasi, organisasi kemasyarakatan/pemuda, dinas terkait seperti Dinas Pendidikan, Dinas Pemuda dan Olah Raga, Dinas Koperasi dan UMK, Dinas Sosial, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, serta Dinas Pariwisata dan Kebudayaan.

Untuk pelatihan berbasis kompetensi, Disnaker Kota Bekasi menyediakan sejumlah pelatihan, di antaranya operator dan teknik komputer, mengemudi kendaraan, mengatur lalu-lintas, montir motor, instalasi kelistrikan, otomotif, operator alat berat, welding atau las listrik, dan las karbondioksida.

Sementara untuk bidang pelatihan berbasis kewirausahaan, pelatihan yang disediakan yakni pelatihan montir dan bengkel (manajemen), pelatihan manajemen kewirausahaan bagi wirausaha pemula, pelatihan tenaga pemasaran dan promosi online sertifikasi mandor, sertifikasi tukang, dan sertifikasi keahlian.

Dia menjelaskan, untuk mengikuti pelatihan ini warga bisa segera mendaftarkan diri ke kantornya yakni di Jalan Ahmad Yani No 13 atau ke kantor BBPLK Cevest di Jalan Guntur Raya, Kayuringin Jaya, Kota Bekasi.

Dia berharap warga bisa memanfaatkan pelatihan ini untuk modal dunia kerja yang keras.

“Ada 2,2 juta angkatan kerja dan di 2019 masih ada 13 ribu dari angkatan kerja yang menganggur. Ini upaya kita mengurangi pengangguran di Kota Bekasi,” ujar dia. (norton). 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed