Gubernur Anis Akan Tata Permukiman di Kali Pulo, Kalau Tidak, Hilang Kalinya

  • Whatsapp

Jakarta – Pemprov DKI Jakarta akan menata kawasan Kali Pulo, Jakarta Selatan. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengaku akan memeriksa lagi permasalahan di Kali Pulo.Apalagi, kata Anies, bangunan yang ada di sekitar lokasi sudah hampir menutupi sungai.

“Itu bukan satu rumah saja tapi penataannya harus satu kawasan karena bukan hanya itu, itu kan menghalangi satu. Kalau diikutin terus, nanti hilang kalinya. Bukan di bantaran, tapi di atasnya. Jadi sungainya hilang, tertutup dengan bangunan,” kata Anies di Gedung Dinas Teknis, Jakarta, Rabu, (23/01).

Bacaan Lainnya

Anies mengaku sudah menelusuri sepanjang Kali Pulo. Anies mengatakan sebelum kondisinya seperti saat ini, terjadi proses yang cukup panjang.Ia menjelaskan mulanya memang rumah-rumah dibangun di bantaran kali. Setelah itu, warga mulai membangun jembatan supaya memudahkan menuju rumah.

“Sesudah itu, jembatannya diperluas lalu dipakai jadi tempat parkir. Setelah tempat parkir jadi ruangan. Setelah ruangan lalu jadi rumah. Jadi fasenya itu panjang,” ujar Anies.“Tapi kita ingin membereskannya jangan cuma satu dua tiga. Nanti dengan Pak Wali Kota kita siapkan semuanya, baru kita bereskan,” tambahnya.

Anies mengungkapkan berbagai opsi telah disiapkan termasuk pembongkaran. Ia memastikan semua rencana yang dipersiapkan tidak melanggar hukum.

“Semua opsi ada. Tidak ada opsi yang ditutup. Semua opsi yang diizinkan secara hukum itu bisa dilakukan oleh pemerintah,” tutur Anies. (kum).

Pos terkait