Menengok Sumur Pantau Ala Kota Bekasi yang Dibiayai Duit Negara. 

  • Whatsapp

Bekasi – Meskipun kedalaman hanya diprediksi sekitar 3 hingga 5 meter, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi, Jumhana Lutfi mengatakan, pelaksanaan sumur pantau di Kota Bekasi sudah sesuai perencanaan dan tidak melanggar ketentuan.

Pantauan teropong indonesia.com, ditemukan ada dua titik lokasi sumur pantau di Sumur Batu, Bantargebang tersebut. Namun, kondisinya tidak terurus dan kondisinya juga sangat memprihatikan.

Padahal, sumur pantau tersebut berfungsi untuk menguji kuwalitas air tanah. Apalagi diketahui, warga masyarakat di sekitar Sumur Batu dikelilingi sampah dari DKI dan juga Kota Bekasi.

“Tergantung, ada yang 3 meter ada yang 5 meter, dan ada pula sampe 150 meter, itu tergantung perencanaanya seperti apa. Jadi itu gak masalah. Meski begitu nanti saya cek kembali. ” ucap Lutfi dikonfirmasi sebelumnya.

Lanjutnya, saat sumur itu dibangun, ia  belum menjabat sebagai Kepala Dinas Lingkungan Hidup, “Kayaknya itu (sumur) dibangunan jaman Dinas Kebersihan, ” Kelitnya.

Kendati demikian, pihaknya akan mengkrocek langsung kebenaran informasi tersebut ke lokasi atau kelapangan.

“Namun, kalau soal besaran biayanya, saya prediksi mungkin hanya berkisar Rp100 hingga 200 jutaan,” ujar Lutfi.

Menanggapi hal itu, Ketua Umum Lembaga Investigasi Anggaran Publik (LINAP) Baskoro menyanyangkan pembangunan sumur pantau oleh Pemkot Bekasi yang terkesan asal jadi.

‘Dugaan saya, Ini jelas ada kongkalikong antara pemberi jasa dan pihak ke tiga atau rekanan.,” kata Baskoro Rabu,  (16/01) di Jakarta.

Ia juga menyayangkan pernyataan Kepala Dinas Lingkungan Hidup yang terkesan melempar bola terkait persoalan ini dengan menyebut bahwa sumur itu dibangun oleh dinas sebelumnya (dinas kebersihan). padahal, jelas-jelas itu ada papan nama atas nama UPTD TPA Sumur Batu Dinas LH.

“Bagaimana bisa ia (Lutfi) selaku Kadis bilang itu sudah sesuai ketentuan. Jangan seenaknya saja ngomong. Coba dibuktikan kalau itu tidak melanggar. bagaimana bisa raih Adipura, kalau pelaksananya aja begini.” tegasnya. (norton).

Advertisement
READ  84 Pengurus PMI Se Kecamatan Bekasi Dilantik

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.