oleh

Kota Bekasi Juara BPJS Tingkat Jabar, Wali Kota Bekasi Terima Paritrana Award 2018

Bandung – Pemerintah Kota (Pemkot)  Bekasi menerima piala Juara 1 Paritrana Award 2018 tingkat Jawa Barat. Penghargaan ini diberikan atas komitmen Pemkot Bekasi dalam mendukung pelayanan penyelenggaraan jaminan sosial ketenagakerjaan

Piala Paritrana Award diserahkan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil kepada Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi dan disaksikan oleh Asisten 1 Jawa Barat dan Deputi BPJS Ketenagakerjaan Jawa Barat di Gedung Sate Bandung, Jumat (11/01).

Dengan menyisihkan delapan peserta lomba, Paritrana Award diberikan untuk pertama kalinya dengan tiga kategori yaitu, Pemerintah Daerah Kota/Kabupaten, Perusahaan Besar dan Menengah, dan Perusahaan Kecil dan Mikro.

Untuk kategori pemerintah kabupaten kota Peringkat pertama diperoleh Kota Bekasi disusul Kota Bogor dan Kota Bandung. Kemudian Harapan pertama Kota diraih Sukabumi dan harapan  kedua Kota Cimahi.
Sedangkan, untuk kategori Perusahaan Kecil dan Mikro peringkat pertama diraih Martabak Air Mancur Kota Bogor.

Rahmat Effendi mengatakan penghargaan tersebut adalah wujud dari keseriusan Pemkot Bekasi untuk memberikan perlindungan kepada tenaga kerja.

“Penghargaan ini jadi motivasi bagi Pemkot Bekasi untuk terus berinovasi meningkatkan pelayanan sehingga kesejahteraan buruh bisa meningkat. Baik itu bagi pekerja formal dan informal di kota Bekasi.” kata Wali Kota Rahmat.

Penghargaan ini diraih karena Kota Bekasi dinilai mampu mendukung penyelenggaraan program BPJS ketenagakerjaan. atas diraihnya penghargaan ini menjadikan Kota Bekasi akan ikut serta lomba di tingkat Nasional pada Maret mendatang.

“Intinya terus kita kembangkan sektor ketenagakerjaan dan meningkatkan kesejahteraannya. Mudah-mudahan bisa memberikan nilai tambah dari sektor industri di Kota Bekasi,” ujar pria akrab disapa Pepen ini.

Pemkot Bekasi melalui Dinas Tenaga Kerja akan meningkatkan koordinasinya dengan BPJS Ketenagakerjaan Cabang Kota Bekasi. Beberapa waktu lalu, Pemkot Bekasi melakukan MoU agar setiap pegawai tenaga kerja kontrak Kota Bekasi masuk kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan.

“Mereka mendapatkan jaminan hari tua, kecelakaan kerja maupun jaminan lainnya.” ucapnya.

Dalam sambutannya, Ridwa Kamil mengucapkan selamat kepada Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi sebagai pemenang pertama. Hal ini menandakan Kota/Kabupaten yang masuk kandidat BPJS Ketenagakerjaan Award lebih baik dari Kota/Kabupaten lainnya

“Saya mengucapkan selamat kepada penerima penghargaan Piala Paritrana atas partisipasinya dalam membina ketenegakerjaan di daerah, di masing-masing perusahan,” ujarnya.

Ridwan mengatakan, penghargaan ini bonus atas kinerja yang sudah diberikan. Ia juga ingin memotivasi kabupaten/kota laiknya menjadikan Jawa Barat juara diberbagai bidang dan menjadi contoh atau Pioneer pelaksanaan kemudahan jaminan ketenagakerjaan se-Indonesia dengan memperkenalkan 3 program yang ingin dikerjasamakannya kedepan.

“Kita sudah khatam persoalan buruh tiap November. intinya kesejahteraan. Kita ingin peserta BPJS Ketenagakerjaan bisa memperoleh kemudahan 3 program yakni tempat tinggal berupa hunian sehingga tidak jauh dari tempat kerja, kemudian dengan menunjukan kartu BPJS bisa dapat sembako murah dan transportasi gratis,” kata dia.

Menurutnya, tiga hal itu menjadi inovasi dan cita-cita Pemprov Jabar kedepan di bidang ketenagakerjaan. “Semoga bisa diimplemebtasikan. Dengan hanya bayar Rp 16 ribu per bulan tapi banyak kemudahan dan manfaatnya dari selama ini yang diterima,” tutupnya (hms/ton).

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed