Tak Rasakan CSR, Sejumlah Warga RT 05 Kampung Sawah PLN Adukan PT Brigestone ke DPRD

  • Whatsapp

Bekasi – Sejumlah warga RT 05 Kampung Sawah PLN Kelurahan Harapan Jaya Kecamatan Bekasi Utara mengadukan PT Brigestone Tire Indonesia ke Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bekasi.

Selain ke DPRD, warga juga melayangkan surat pengaduan ke Wali Kota Bekasi  dengan nomor surat 01/ISTIMEWA/XII/2018 prihal tanggungjawab sosial coparate social responsibility (CSR) dan sistim rekrutmen karyawan di perusahaan tersebut.

Mendapat surat aduan warga, Ketua Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bekasi Choiruman  J Putro mengatakan bahwa, CSR itu menjadi kewajiban perusahaan, baik perusahaan kecil maupun perusahan besar.

“Sebagai perusahaan besar, harusnya Brigestone ini menjaga kredebilitas perusahaan terkait CSR,” ucap Choiruman Kamis, (27/12) ketika ditemui dikantornya.

Politikus dari partai PKS Ini juga meminta pihak eksektutif (Pemkot) untuk segera mengevaluasi keberadaan perusahaan-perusahan besar yang ada di Kota Bekasi. “Jadi keluhan warga ini harus menjadi telaah bagi pemerintah daerah, ” tandasnya.

Ia juga sependapat dengan pernyataan Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi yang mengatakan bahwa sistem rekuitmen pegawai melibatkan warga sekitar agar keberadaan setiap perusahaan di kota Bekasi harus memiliki dampak positif  mengurangi pengangguran.

Sebelumnya, Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi mengaku belum ada kerjasama pemberlakuan kewajiban corporate social responbiity (CSR) terhadap PT Brigestone Tire Indonesia.

“Sampai saat ini belum ada laporan pelaksanaan kegiatan program CSR oleh PT Brigestone ke pemerintah.” kata Kepala Bagian Kerjasama Investasi Pemkot Bekasi Hanan Tarya ketika diwawancara Rabu, (26/12) kemarin.

Bahkan, Ia pun belum mengetahui kedepannya terkait kewajiban sosial perusahaan corporate social responsibility (CSR) perusahaan atau pabrik tersebut lantaran pihaknya baru akan mengajukan proposal.

“Yang jelas belum ada kerjasama, tapi engga tahu kedepannya,” pungkasnya.

Ketika hendak dikonfirmasi Rabu, (26/12), Andre managemen PT Brigestone Tire Indonesia hingga kini belum bisa ditemui dan dimintai keterangan terkait keluhan warga tersebut.

“Pak Andrenya lagi cuti mas,” ujar salah satu petugas keamanan ketika ditemui. (norton).

Pos terkait