Jokowi Berencana Bangun Pabrik Khusus Penyandang Disabilitas

Bekasi – Presiden Joko Widodo merencakan membagun pabrik untuk para penyandang disabilitas. Pabrik tersebut nantinya akan dijadikan wadah untuk menumbuh kembangkan kreativitas kaum Disabilitas.

“Kalau tidak salah ingat, empat tahun lalu saya dapat usulan untuk membuat pabrik disabilitas, akan tetapi saya tunggu katanya mau carikan tanahnya, sampai sekarang ngga ada,” kata Jokowi saat memberikan sambutan di acara Perayaan Hari Disabilitas Internasional (HDI) di Summarecon Bekasi, Senin (3/12/2018).

Jokowi pun memerintahkan Menteri Sosial untuk segera menyelesaikan, Segera kita bangun pabrik untuk saudara-saudara disabilitasi.

Jokowi mengaku sangat terharu dan bangga atas beragam pencapaian yang diperoleh kaum disabilitas,. Bahkan, menurutnya, di tengah keterbatasan, mereka mampu mempersembahkan sesuatu yang luar biasa untuk Indonesia seperti para penyanyi cilik, pemain musik, paduan suara serta berbagai hasil prakarya yang di hasilkan di stand acara.

“Kalau kita perhatikan ajang Asian Para Games kemarin, dari sisi prestasi atlet kita berhasil merekrut 37 emas, dan masuk peringkat 5, sebelumnnya kita peringkat 9 dengan 9 medali emas. Ini luar biasa,” tukasnya.

Lebih lanjut, Jokowi menyebutkan sejumlah figur disabilitas yang mampu membuka mata dunia dengan kemampuannya. Contohnya.  Rismawati Utami, dia berhasil menjadi warga negara Indonesia pertama yang dipilih menjadi anggota komite penyandang hak disabilitas.

“Mereka adalah sumber inspirasi bagi kita semua masyarakat Indonesia. Itu bisa terjadi karena semangat juang juga kreativitasnya. Mari selalu percaya diri dan bekerja kerasa,” pungkasnya.

Sementara, Dilokasi yang sama, Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi menambahkan akan membuat sekolah khusus dan fasilitas umum yang layak bagi para penyandang disabilitas di Kota Bekasi.

“Ini (sekolah) akan jadi perioritas utama. dari segi fasilitasnya juga akan pikirkan. Contohnya WC, itu juga akan kita sesuaikan dengan disabilitas khusus. tidak menutup kemungkinan juga, kita buatkan untuk ukuran dewasa, seperti tempat kreatifitasnya.” Kata Wali Kota Rahmat. (norton).

Pos terkait