Stasiun MRT Koridor Lebak Bulus-Bundaran HI Didesain Aman Dari Banjir

Jakarta – PT Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta memastikan stasiun MRT di koridor Lebak Bulus – Bundaran HI aman dari banjir maupun genangan.

“Kami memastikan ke-13 stasiun MRT Jakarta akan terhindar dari banjir dan genangan,” kata Silvia Halim, Direktur Konstruksi PT MRT Jakarta, saat melakukan Fellowship Jurnalistik 2018 Rabu, (24/10/2018).

Silvia juga mengatakan, agar terhindar dari banjir pihaknya mendesain bangunan stasiun dengan mengedepankan prinsip keamanan dan keselamatan penumpang yang salah satu contohnya dapat dilihat pada Stasiun Senayan dan Stasiun Hotel Indonesia (HI).

“Desain kontruksi keamanan dan keselamatan tersebut dimulai dari pintu masuk yang dibuat lebih tinggi.” ujar Silvia lagi.

Selain itu, pada pintu masuk juga dibuat pintu air yang terhubung langsung ke saluran milik Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta.

Pihaknya juga melakukan pemasangan water level sensor di Kali Krukut di mana saat terjadi peninggian muka air, sensor tersebut akan tersambung langsung pada MRT untuk memberikan peringatan.

“Tapi, bila air masih bisa masuk, Kita memiliki drain station dimana terdapat dua pompa stasioner di masing-masing stasiun, yaitu di ujung Utara dan ujung Selatan stasiun,” tandasnya.

Ia menambahkan, untuk stasiun yang lain seperti Stasiun Senayan pihaknya akan membuat pintu masuk melalui area pedestrian yang tingginya mencapai 150 sentimeter dari atas permukaan jalan.

Setelah semua pembangunannya rampung, kita juga akan melakukan simulasi emergency kepada semua yang terlibat dalam pengoperasian kereta MRT Jakarta, mulai dari kebakaran, sinyal mati, genangan hingga emergency lainya, katanya. (henri).

Pos terkait