Kecamatan Medan Satria Targetkan Penerimaan PBB Capai Rp25 Miliar

  • Whatsapp

Foto. Taufiq Rahmat Hidayat.

Bekasi – Tahun 2018 ini, Kecamatan Medan Satria menargetkan penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) sebesar Rp25 Miliar.

“Ahamdulillah, target penerimaan PBB di Medan Satria sudah mencapai 92,5 persen,” kata Taufiq Rahmat Hidayat Rabu, (19/9/2018).

Salah satu faktor meningkatnya target pencapaian pendapatan PBB di Medan Satria ialah lantaran wilayah Kecamatan Medan Satria yang semakin dipadati oleh pembangunan.

Target pencapaian pendapatan PBB tersebut merupakan akumulasi dari empat kelurahan yang ada di Kecamatan Medan Satria meliputi, Kelurahan Pejuang, Kelurahan Harapan Mulya, Kelurahan Kalibaru Medan Satria itu sendiri.

Dari seluruh kelurahan di Kecamatan Medan Satria,  pencapaian PBB sudah diatas rata-rata 80 persen ke atas.

“Untuk capaian PBB, kita yang paling tinggi. Tapi kalau kaitan tunggakan, kita termasuk yang terendah nomor dua,” ucap Taufiq lagi.

Adapun kiat yang dilakukan untuk peningkatan pencapaian PBB di wilayah kerjanya kata Taufiq disamping memberikan evaluasi pada saat rapat minggon dan memanfaatkan RT/RW sebagai mitra, kita juga memberikan sanksi kepada wajib pajak yang belum membayar PBB dengan menempelkan stiker di setiap bangunan.

“ini kita lakukan sebagai bentuk sanksi moral bagi wajib pajak yang belum bayar pajak.” ujar Taufiq.

Sementara, Lurah Harapan Mulya Kecamatan Medan Satria, Rena Nurwangiaten mengatakan, untuk pencapaian PBB dikelurannya sudah mencapai 87,61 persen.

“Alhamdulillah  tahun ini mencapai target. Kita optimis bisa melebihi dari 100 persen.” ujar Rena Selasa (18/9/2018) terpisah.

Dituturkannya, untuk tahun ini, pencapaian PBB di Kelurahan Harapan Mulya mengalami peningkatan dalam pencapaian PBB dari tahun sebelumnya.

“Dimana, saat ini untuk Kota Bekasi, kita masuk rangking 41 dari sebelumnya rangking 52.” terangnya.

Rena menjelaskan, dari target capaian PBB Rp1, 906, 277.160; yang sudah realisasi saat ini mencapai Rp1,670,180,238 dari total pembayar pajak 5. 236 Surat Pemberitahuan Pajak Terhutang (SPPT) yang sudah bayar 4.587 Kepala Keluarga (KK).

“Kalau kendala yang kerap dihadapi Satgas Pamor sih hanya penagihan saja. Soalnya, para  penghuninya sulit ditemui,” keluhnya. (norton).

Pos terkait