ID Creative Week Menggagas Jakarta Fashion Week, Brightspot dan IdeaFest

  • Whatsapp
foto : ID Creative Week Menggagas Jakarta Fashion Week, Brightspot dan IdeaFest

Jakarta-Bukan rahasia bagi industri kreatif, keikutsertaan sebuah label seperti Jakarta Fashion Week Brightspot, don ldeaFest merupakan sebuah prestasi tersendiri. Sebuah kesan yang bukan didapat dalam waktu satu malam, ketiga ajang ini sudah malang melintang Iebih dari setengah dekade.

Jakarta Fashion Week tahun ke-11, Brightspot merayakan tahun ke9, dan IdeaFest di tahun ke~7 dengan penyelenggaraannya yang ke-5, tahun ini, ketiga titan ini bersinergi menciptakan wadah yang menaungi insan kreatif Indonesia secara Iebih komprehensif.

Dengan menggabungkan kekuatan. memang sorotan yang didapatkan akan bertambah besar. Jika digabungkan, setiap tahunnya ketiga ajang ini mengumpulkan 110.000 pengunjung dan 700 pelaku industri kreatif dalam 250 segmen acara, serta melibatkan Iebih dari 1250 media nasional dan internasional dan juga didukung aset situs resmi dan media sosial ketiganya yang setia dikunjungi, setidaknya 500.000 akan menyaksikan ID Creative Week melalui situs resmi, lnstagram. Twitter, don Facebook.

“Kami memiliki segmen yang saling bersinggungan, tidak hanya dari segi pengunjung, tapi juga pengisi acaranya sendiri. Meski demikian, dengan kemasan dan agenda yang berbeda, yang tercipta bukan kompetisi, tapi justru sebuah ekosistem yang saling berkesinambungan. Dari situ kami menemukan pemikiran yang sama, untuk semakin mempromosikan industri kreatif, maka kami bahu membahu untuk menciptakan dampak yang Iebih besar. Dari pemikiran kolaboratif itulah, ID Creative Week lahir,‘ ujar Svida Alisjahbana, Chairwoman Jakarta Fashion Week, di Jakarta pada 19 September 2018.

Jakarta Fashion Week sendiri merupakan sebuah pekan mode yang sudah memiliki gaung tersendiri di Asia Tenggora. oleh grup media Femina Group, pekan mode ini menampilkan sikap netral dan jaringan nosionol serta internosional yang kuat Sejak meluncurkan program Indonesia Fashion Forward di tahun 2012, ajang ini semakin mantap menyalurkan bakat-bakat nasional ke panggung global, dan menyediakan inspirasi dari desainer internasional untuk skeno mode nusantara.

Brightspot yang merupakan sebuah event platform jual-beli yang menghadirkan Iebih dari 150 tenant yang terkurasi dari ratusan pendaftar dan menarik Iebih dari 60,000 pengunjung selama empat hari pelaksanaannya. Brightspot terbukti dapat mengedepankan karya enterpreneur muda, bisnis start up brand Iokal di bidang fesyen, F&B, dan gaya hidup.

‘”Dengan spirit yang same, ID Creative Week langkah nyata untuk mendukung bisnis industri kreatif di Indonesia. Brightspot, sebuah perayaan untuk individu-individu yang telah mempunyai keberanian merealisasikan impian mereka jadi sebuah output kreatif yang akhirnya membantu merubah kultur kontemporer di negara kita. Hal ini juga yang menjadi tema Brightspot tahun ini
‘lmaginarium’ dengan imajinasi kita bisa berkreasi. dan kreatifitas.

komoditi berharga dan unik. Kita juga percaya bahwa berkolaborasi selalu membawa hasil yg lebih dan melekat di Jakarta Fashion Week dan IdeaFest. Dengan ID Creative Week, saya berharap berita mengenai kreatifitas dari Indonesia bisa bergaung di seluruh dunia,” ujar Anton Wirjono, Founder Brightspot.

IdeaFest sesuai dengan ajangnya, menyediakan platform untuk pertukaran ide. Agendanya diwarnai dengan puluhan kelas. seminar. dan diskusi menarik terkait industri kreatif dan perkembangan teknotogi yang terkait. Setiap tahunnya, key opinion leaders dan speakers yang paling dicari berlomba membagikan ilmunya di IdeaFest.

Co-Founder ldeaFest, Ben Subiakto, mengakui bahwa ada banyak asa yang dititipkan pada kerjasama ini. ‘Melalui kolaborasi, tentunya ini menjadi ajang terbesar bagi industri kreatif, dan kami terbuka untuk siapa pun yang ingin turut memajukan kreativitas bangsa. Salah satu harapannya adalah untuk mengundang lebih banyak tamu internasional, baik untuk bekerjasama, menanamkan investasi, sampai sekedar mengenal ide-ide kreatif anak bangsa,‘ pungkasnya.

Memikul tugas mengarahkan wadah besar ini, setiap tahunnya posisi Chairperson akan diberikan kepada masing-masing otak di tiap ajang ditahun pertama ini, Svido Alisjahbona sebagai Chainrvoman dari Jakarta Fashion Week sekaligus CEO Femina Group dan sebagai pengemban pertamanya. Tentunya penunjukkan ini punya alasan kuat, di antaranya pengalaman dan jaringan yang dimiliki Jakarta Fashion Week dalam mengembangkan industri kreatif selama sebelas tahun ini.

“Tahun depan, disesuaikan pula dengan target yang sedang menjadi fokus, maka Anton Wirjono dori Brightspo, Ben Subiakto dari IdeaFest akan menggantikan saya, Setiap tahun akan diadakan rotasi, supaya program ini tidak stagnan, terus berevolusi menghasilkon variasi,” jelas Svido.

ID Creative Week tahun ini akan dimulai dengan Jakarta Fashion Week yang dibuka pada 20 Oktober 2018, disusul dengan Brightspot pada 25 Oktober 2018, dan IdeaFest pada 26 Oktober 2018. Agenda yang saling bersinggungan ini didukung dengan lokasi acara yang terbilang dekat, Jakarta Fashion Week di Senayan City, Brightspot di Pacific Place, dan ldeaFest di Jakarta Convention Center. (Evelyne)

Pos terkait