‘Buktikan Pada Mereka’ 100 Terbaik The Big Star Indonesia Season Tiga

Foto : ‘Buktikam Pada Mereka’ 100 Terbaik The Big Star Indonesia Season Tiga

Jakarta-kompetisi pencarian pengusaha muda kreatif terbaik Indonesia ini menemukan 100 pengusaha muda kreatif terbaik dan seluruh Indonesia.
Setelah sukses melaksanakan rangkaian roadshow di lima kota di Bandung, Yogyakarta, Bali, Surabaya dan Jakarta, The Big Start Indonesia (TBS) Season tiga berhasil mengkurasi seluruh peserta menjadi Top 100 dari empat kategori perlombaan yaitu kuliner, kriya, fesyen, dan kecantikan atau kesehatan.
“Tahun ini kami menerima sebanyak 7500 pendaftar, yang kemudian kami kurasi menjadi 100 besar. Dari pendaftaran The Big Start lndonesia Season tiga ini, kami menemukan produk UMKM di Indonesia tidak hanya didominasi produk kriya saja, buktinya dari hasil pendaftaran dua tahun terakhir ini produk fesyen dan kuliner kenaikannya sangat signifukan. Tentu tidak gampang untuk memilih 100 besar ini, karena semakin tahun karya pengusaha kreatif muda bangsa semakin bagus dan beragam. Terutama tahun ini dengan semangat “Buktikan Pada Mereka”, fokus dan target utama dititikberatkan pada kualitas dan ide-ide orisinal karena harapan kita adalah mengembangkan pasar UMKM yang lebih besar dan matang,” ujar Lani Rahayu, Senior Marketing Communication and PR Manager Blibli.com Di Kempinski Hotel Jakarta pada 20 September 2018.

Dari seluruh total pendaftar yang masuk, sangat antusiasme tinggi dari berbagai kota di Indonesia, termasuk kota-kota di luar rangkaian roadshow TBS 3. Tercatat para peserta berasai dari 248 daerah dengan Jabodetabek menduduki peringkat pertama, diikuti o\eh Bandung dan Surabaya. Sedangkan, untuk kategori produk didominasi kuliner sebesar 43%, fesyen sebesar 31%, kriya 20%, serta kategori kecantikan dan kesehatan sebesar 6% dari total seluruh pendaftar.

Setelah mencapai 100 besar, peserta akan dikurasi kembali hingga terpilih menjadi Top 20, di mana mereka akan dinilai berdasarkan tujuh kriteria yaitu karakter, tingkat jual produk, kualitas produk, proses pembuatan, sejarah, dan skaIa usaha yang dimiliki, serta keunikan dan originalitas produk, yang merupakan poin terpenting dalam penilaian. Pengusaha yang berhasil Iolos ke tahap 20 besar akan melaju ke proses karantina, di mana mereka akan mendapatkan berbagai tantangan untuk menguji keterampilan bisnis mereka,
dan menggali informasi baru untuk mengembangkan usaha mereka ke tingkat yang lebih tinggi lagi.

Selain mendapatkan kesempatan untuk memenangkan modal usaha sebesar total 1,1 Miliyar Rupiah, para finalis TBS Indonesia Season 3 juga bisa berbagi pengalaman dengan para pakar dan mentor, serta bertemu dengan para pengusaha muda kreatif lainnya untuk menambah koneksi dan pengetahuan bisnis. Kompetisi tahun ini turut dimeriahkan dengan deretan mentor baru, yaitu Gwen Winarno dari Pure Foods Company sebagai mentor kuliner, mentor kriya Bagus Rochadiat dari Kekayuan, Barli Asmara sebagai mentor fesyen, Kezia Toemion Founder ESQA Cosmetics sebagai mentor kecantikan dan kesehatan, serta host judges Aline Adita, Co-Founder Downtown Market dan pengusaha kuliner yang terIibat langsung dalam proses kurasi peserta menjadi 20 besar.

“Kami berharap dengan terpilihnya 100 besar peserta TBS lndonesia Season tiga ini, bisa menunjukkan bahwa UMKM indonesia memiliki potensi, keragaman dan kreativitas yang sungguh besar. Sangat membanggakan, apalagi semuanya dijalankan para pengusaha yang masih terbilang muda, sehingga kesempatan untuk berkembang masih terbuka sangat besar, dan semoga bisa menjadi motivasi bagi seluruh teman-teman penggiat UMKM selndonesia,” tutup Lani.

The Big Start Indonesia (TBS) Season tiga didukung sepenuhnya oleh JNE sebagai
Platinum Partner, BCA, XL Business Solution, Kementerian Perindustrian RI,
Kementerian lnformasi dan Informatika RI, Universitas Prasetiya, Mulya dan Intel Indonesia.(Evelyne)

Pos terkait