30 Hektar Lahan di Hutan Gungung Lawu Hangus Terbakar

  • Whatsapp

Solo – Kebakaran  Gunung Lawu yang terjadi sejak 5 hari lalu telah menghanguskan lebih dari 30 hektar lahan di wilayah Resort Pemangku Hutan Manyul.

Pada saat bersamaan, Dimas salah seorang Aktivis LHK sedang berada di lokasi kebakaran gunung Lawu berada dilokasi kejadian menjelaskan bahwa upaya pemadaman justru dilakukan oleh masyarakat sekitar untuk menghadang kebakaran agar tidak terus menjalar.

“Sampai malam ini tidak terlihat ada polisi, tentara, pihak kementerian LHK, maupun perum perhutani sendiri yang memiliki legalitas atas kawasan hutan tersebut, tidak ada satupun instansi terkait yang turun untuk memadamkan api kebakaran hutan tersebut,” terang Dimas  berdasarkan rilis yang disampaikan kepada wartawan, Senin (10/09/2018).

Gunung yang terletak di kampung Presiden (Jokowi), tepatnya di kabupaten Karang Anyer sampai malam ini kebakaran semakin meluas hingga terjadi di beberapa titik api.

“Dua hari lalu ketika beberapa wartawan mewawancarai warga atas kejadian kebakaran hutan ini, malah masyarakat mendapat tekanan dari pihak KPH (perum perhutani),” jelasnya.

Sementara gunung lawu sendiri, selain pusat ekosistem di wilayah Jawa Tengah, gunung Lawu juga salah satu pusat budaya suku jawa.

“Saya menyesali kenapa kebakaran hutan di gunung lawu ini tidak langsung diatasi. Kesannya kebakaran gunung Lawu tidak mendapatkan perhatian khusus dari instansi terkait,” pungkas Dimas.

Pos terkait