oleh

BPTJ pastikan Tak Ada Pembatasan Operasional Sepeda Motor di Jakarta

Jakarta – Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) memastikan tidak ada pembatasan operasional sepeda motor yang melintas di jalanan Ibu Kota. BPTJ tidak pernah berencana atau mengkaji penerapan sistem ganjil-genap untuk kendaraan roda dua.

“Saya tidak pernah mengatakan bahwa sepeda motor akan ganjl-genap,” kata Kepala BPTJ Bambang Prihartono, Jumat (14/9/2018).

Menurut dia, pembatasan operasional sepeda motor sangat tidak mungkin dilakukan. Hal itu dikarenakan jumlah kendaraan roda dua yang semakin banyak, maka akan membuat kesusahan aparat kepolisian ketika melakukan penegakan hukum.

“Secara teknis enggak mungkin. Kasihan itu polisi. (Pembatasan operasional motor) itu namanya ngerjain kepolisian,” imbuh Bambang.

Ia menjelaskan, BPTJ sedang melakukan kajian terkait pembatasan angkutan barang yang melintas di DKI. Nantinya diharapkan kebijakan tersebut berdampak positif, yaitu mengurangi kemacetan di sejumlah ruas jalan.

Ketika ditanya mengenai mekanisme pembatasannya seperti apa, Bambang menyatakan belum bisa menjelaskan karena masih tahap penggodokan.

“Pemerintah itu kan tugasnya untuk mengatur. Kalau enggak diatur, nanti orang akan seenaknya saja, tidak tersistem. Oleh karena itu, akan kita atur pengaturannya (angkutan barang),” jelasnya (tya).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.