Humas PN Bekasi Alergi Wartawan Saat Dikonfirmasi Soal Kasus Perdata

  • Whatsapp

Bekasi – Humas Pengadilan Negeri Kota Bekasi, Suwarsa Hidayat enggan mau untuk diwawancarai oleh awak media. Bahkan terkesan menghindar dari kejaran para “pencari berita” ketika dicoba untuk dikonfirmasi terkait putusan kasus sengketa tanah yang sudah inkracht di tingkat Mahkamah Agung namun belum juga dieksekusi oleh PN Bekasi.

Terkait sikap humas tersebut, mengundang pengamat kebijakan publik dari Universitas Jayabaya. Sebab humas seperti itu dianggap tak layak menduduki posisi humas mengingat tak paham terhadap Undang-undang yang telah diberlakukan.

Seperti dikatakan Pengamat Publik dari Universitas Jayabaya, Igor Dirgantara bahwa setiap humas wajib memberikan informasi yang terbuka untuk masyarakat khususnya melalui peran para insan pers. Apalagi untuk mengetahui informasi perjalanan roda penegak hukum merupakan hak setiap masyarakat.

“Jadi kalau ada humas ataupun kepala yang takut ataupun selalu enggan diwawancarai, artinya dia tidak paham Undang-undang bahwa ada yang melindungi itu semua. Mestinya, humas tersebut bisa menggunakan peran pers ini sebaik mungkin sebagai sarana untuk memberikan informasi kepada khalayak ramai. Dengan begitu, masyarakat paham apa yang dikerjakan oleh jajaran pengadilan negeri selama ini,” kata Igor kepada wartawan, Senin (27/8), usai dimintai tanggapan melalui telepon selulernya.

Menurut Igor, jika humas tersebut selalu menghindar dari insan pers justru akan menimbulkan kecurigaan dan pertanyaan baik bagi insan pers maupun masyarakat umum. Bahkan sikap seperti itu akan membahayakan diri sendiri humas yang bersangkutan.

“Ini aneh sekali. Jadi pejabat mau, namun diwawancara saja takut. Ini gak pas. Padahal kita seharusnya tidak perlu mengembangkan pikiran negatif terhadap keberadaan insan pers. Karena belum tentu juga para wartawan berpikir yang sama, Justru kalau kita bisa menggunakan media ini sebagai corong kita khususnya menyampaikan program-program yang kita jalankan, itu malah bagus. Sehingga masyarakat tahu, bagaimana kinerja kita,” tegasnya. (norton).

Pos terkait