oleh

Puncak Hari Jadi Kabupaten Humbahas Ke-15 Dirayakan di Markas Pahlawan Nasional Sisingamangaraja XII

Medan – Puncak hari jadi Kabupaten Humbang Hasundutan yang ke-15 dirayakan di Markas Pahlawan Nasional Sisingamangara XII di Pearaja Sion Sibulbulon kecamatan Parlilitan Kabupaten Humbang Hasundutan.

Menurut Bupati Humbang Hasundutan Dosmar Banjarnahor digelarnya puncak hari jadi di markas Sisingamangaraja, bertujuan untuk mengenang jasa pahlawan Sisingamangaraja dalam mempertahankan NKRI sekaligus memperkenalkan kepada seluruh rakyat Humbahas.

Selain itu juga, agar masyarakat Humbahas lebih mengetahui napak tilas perjuangan pahlawan Nasional Sisingamangaraja XII.

“Kita rayakan disini (Humbahas) agar masyarakat luas tahu bahwa disinilah markas besar pahlawan kita,” kata Dosmar Banjarnahor di markas Sisingamangara

“Kelak nantinya, setelah kita mengatahui dan mengabarkan kepada keluarga dan juga kepada seluruh dunia bahwa, disinilah markas besar pahlawan Nasional kita. Itu lah salah satu alasan kita merayakan disini,” tutur Bupati Dosmar.

Tujuan utama lagi kenapa kita merayakan disini terang Bupati Dosmar, agar markas besar perjuangan Sisingamangaraja dan tempat beliau wafat di Aek Sibulbulon akan menjadi wisata sejarah.

Oleh karena itu, kata dia, kita akan lestarikan semua peninggalan Raja Sisingamangaraja dan menceritakan kepada anak cucu kita agar lebih mengenal sosok pahlawannya.

“Karena bangsa besar adalah yang tak pernah melupakan sejarah.” tambah Bupati Dosmar Banjanahor.

Turut hadir dalam perayaan HUT Ke-15 ini, Bupati Humbahas dan Wakilnya, Sekda, Ketua DPRD,  Manaek Hutasoit, anggota DPD RI, Elisa Marbun mewakili Gubernur Sumut, Kapolres, Kajari, Damdim 0210, Ketua Pengadilan Negeri Tarutung dan Mantan Bupati Ny Maddin Sihombing dan Wakilnya, Ny Marganti Manullang, Tokoh Masyarakat Sumut, Sanggam Bakara Ketua dan Pengurus Siraja Oloan Sedunia, Keturunan Sisingamangaraja XII, Ketua DPRD Taput, Ketua DPRD Tobasa, Ketua DPRD Samosir, Anggota DPRD Sumut Zubel Tambunan Pantur Banjarnahor, tokoh perantaua Humbahas, Tokoh Masyarakat Dan Pengurus LADN Asisten I.II.III. Pimpinan OPD. Kabag, Camat serta masyarakat Humbahas.

Sebelum acara puncak digelar di Pearaja, Pemkab Humbang Hasundutan melakukan Sidang Istimewa DPRD memperingati HUT Humbang Hasundutan di Kantor DPRD Humbang Hasundutan

Dari pantauan, rombongan Bupati dan para undangan tiba dilokasi terlebih dahulu untuk ziarah ke markas besar Raja Sisingamangaraja XII.

Selain mempekenalkan hasil bumi pada tiap-tiap kecamatan se-Kecamatan Humbahas, rangkaian acara ini juga dimeriahkan artis-artis Ibukota. (golan)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.