Pertama di Kota Bekasi, RSUD Buka Pelayanan Jantung Anak (Cath Lab).

  • Whatsapp

Bekasi – Lagi, dalam rangka meningkatkan mutu pelayanan kepada masyarakat, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Bekasi membuka pelayanan jantung anak atau Instalasi Laboratorium Kateterisasi (Cath Lab).

Kateterisasi Jantung (Cath Lab) merupakan suatu layanan yang dilakukan di laboratorium untuk menentukan diagnostik penyakit jantung dan pembuluh darah pada anak, yang selanjutnya dilakukan intervensi non bedah dengan menggunakan kateter atau elektroda.

foto salah satu pasien.

Direktur Utama RSUD Kota Bekasi, dr. Kusnanto Saidi mengatakan pelayanan Instalasi Laboratorium Kateterisasi (Cath Lab) ini merupakan yang pertama dan satu-satunya di Kota Bekasi.”ini upaya pemerintah untuk meningkatkan mutu dan pelayanan kepada masyarakat Kota Bekasi.” ungkapnya.

Sementara itu, Konsultan Jantung Anak RSUD Kota Bekasi, dr. Triyanti Rahayuningsih Sp.A(K) menambahkan, dengan adanya Cath Lab ini, tingkat kebocoran jantung pada anak dapat diketahui,” Jadi engga perlu operasi terbuka. Saat ini dilakukan tindakan, besoknya sudah bisa langsung pulang,” tuturnya.

Lebih lanjut, terang dr Triyanti, tindakan prosedur Instalasi Laboratorium Kateterisasi (Cath Lab) ini dilakukan oleh dokter spesialis jantung invasive (Intervensionist Cardiologist) dengan menggunakan alat angografi, yang dilakukan dengan cara memasukan kateter dengan diameter 1,5 – 2,0 mm menuju jantung melalui arteri/vena dengan anatesi lokal.

“Alat ini dapat mencari sendiri tempat kebocoran jantung anak, sangat aman, dan tidak ada efeknya. pelayanan ini hanya ada di RSUD Kota Bekasi,” ucapnya (ADV).

Advertisement
READ  Launching Poster Film 212 "The Power Of Love"Deklarasi Putihkan Biskop Indonesia

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.