Pengendara Keluhkan Jalan Rusak Disejumlah Jalan Kalimalang

BEKASI, TEROPONG INDONESIA.com – Sejumlah titik di sepanjang Jalan Raya Kalimalang tampak rusak. Berdasarkan pantauan, kerusakan tersebut beragam, mulai jalan yang berlubang dengan berbagai diameter, bergelombang, ataupun berpasir.

Seorang warga asal Caman, Bekasi Barat, Adit Yuswanda mengeluhkan hal tersebut. Menurutnya, kerusakan Jalan Kalimalang sangat menganggu, di antaranya seperti di sekitar kawasan Bekasi Cyber Park (BCP) dan di samping keluar GT Bintara.

“Yang berlubang mungkin yang samping BCP, sebelumnya, kan, udah pernah ditambal, tapi adalagi tuh yang berlubangnya. Kalau yang berlubang pasti ganggu. Terus samping keluar GT Bintara kalau gak salah banyak lubangnya. Udah jalannya sempit, macet terus disitu,” ujar Adit.

Tentang jalanan yang rusak memang bukan hal yang baru sehingga dapat mudah ditemukan pengguna kendaraan, terlebih dengan adanya proyek Jalan Tol Becakayu yang melintasi sepanjang Jalan Kalimalang dan dianggap sebagai salah satu penyebab jalanan tersebut mengalami kerusakan.

Menurut Adit, yang membuat tambah parah bagi adalah masalah penerangan jalan yang kurang. Sehingga dirasa membuat khawatir yang melintasi kawasan saat malam hari. “Apalagi kalau pas malem-malem, gak keliatan

karena kurang cahaya. Sebelumnya penerangan di bawah tol Becakayu daerah caman hidup, tapi sekarang mati,” terang Adit.

Seorang pengguna jalan, Sardi, mengatakan, kawasan Jalan Kalimalang kerap mengalami kemacetan. Dia menilai, salah satu penyebabnya lantaran jalan-jalan yang mengalami kerusakan sehingga menurunkan kecepatan laju kendaraan. “Bisa aja, kan, sekarang masih banyak yang berlubang, terus kaya tambalan, jadi bisa ngahambat juga,” kata dia.

Ditemui terpisah, Plt Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air, Arief Maulana mengatakan, bahwa jalanan Kalimalang banyak rusak lantaran proyek Tol Becakayu.

“Iya karena itu memang diakibatkan proses kegiatan pengerjaan Becakayu. Tetapi kalau itu di luar dampak pembangunan itu jadi tanggung jawab pemerintah Kota Bekasi bertahap akan perbaikan,” kata dia.

Menurutnya, menjelang mudik lebaran pada Juni mendatang, pihaknya tengah berbenah memperbaiki sejumlah ruas jalan. Sementara terkait ruas Jalan Kalimalang, dia meminta, jalanan rusak akibat dampak proyek agar segera mungkin diperbaiki. “Kita juga sudah kirim surat ke pengelola tol Becakayu tembusan Kementrian PUPR. Lalu kementrian juga sudah kirim surat ke pengelola untuk segera lakukan perbaikan jalan,” jelas Arief. (norton)

 

Pos terkait