Optimis Raih Adipura 2018, Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi Tingkatkan Mutu Kota.

  • Whatsapp

BEKASI, TEROPONG INDONESIA.com -Guna membawa Kota Bekasi meraih Piala Adipura Tahun 2018 sudah menjadi target dan visi Dinas Lingkungan Hidup (Dinas LH) sejak Tahun 2017, dengan telah disatukannya Dinas Kebersihan ke dalam Dinas Lingkungan Hidup membuat Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Jumhana Luthfi membuat berbagai konsep dan strategi.

Strategi yang dilakukan diantaranya membuat Peraturan Daerah (Perda) bersama DPRD tentang Keanekaragaman Hayati yang saat ini sedang dalam rancangan (draft), membangun kuantiti bank sampah yang semula 30 menjadi 1035 bank sampah, dan mendorong gerakan peduli lingkungan seperti Forbakti, Relawan Adipura Bermartabat, BPKRI, dan Clin Bekasi.

Bacaan Lainnya

“Rancangan Perda tentang Keanekaragaman Hayati sudah disarankan oleh Pak Walikota, Perda ini nantinya untuk menjaga dan melindungi keanekaragaman hayati di Kota Bekasi seperti pohon pelindung dan lainnya dari kepunahan yang dirusak oleh pihak yang tidak bertanggung jawab, serta untuk menjaga estetika lingkungan kota.” ucap Lutfi.

Memasuki Tahun PILKADA 2018 ini, Ia pun menegaskan telah melayangkan surat ke KPUD yang isinya himbauan larangan keras kepada semua peserta kampanye untuk tidak memasang Alat Peraga Kampanye (APK) di Pohon Pohon, baik itu dengan cara dipaku, dikawat, atau dengan cara apapun.

“Pemasangan APK di Pohon selain bisa merusak Pohon itu sendiri, dapat merusak estetika.” ucapnya.

Selain itu, ia juga menghimbau agar Gerakan Peduli Lingkungan di tingkat RT/RW, Kelurahan, hingga Kecamatan harus lebih ditingkatkan. “Unit Reaksi Cepat di seluruh Kecamatan dalam menyisir sampah dilingkungan harus lebih tanggap, serta warga juga harus bisa memilah sampah di 1.035 bank sampah.” katanya.

Baca juga : Dinas LH Kota Bekasi Himbau Larangan Pemasangan APK di Pohon dan Taman

Ia mengungkapkan bahwa ada kerjasama yang dilakukan bersama UMKM terkait kerajinan tangan dari daur ulang sampah yang akan launching pada saat HUT Kota Bekasi, lalu rencana membangun BUMD Persampahan di Tahun 2018 ini, dan juga Wisata Air yang akan rampung dan launching pada bulan Maret atau April.

Terakhir, selain menerima masukan untuk diserap, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi tersebut berharap agar Kebersihan menjadi fokus masyarakat agar Kota Bekasi dapat meraih Piala Adipura 2018. “Bersama-sama untuk berprilaku bersih dalam menjaga Lingkungan maka Piala Adipura 2018 dapat kita Raih.” tegasnya (ADV)

Pos terkait