Launching Embalku.com Hadir Untuk Memperkenalkan Wisata Kepulauan Kei Maluku Tenggara

  • Whatsapp
Foto : Laumching embalku.com Hadir Untuk Memperkenalkan Wisata Kepulauan Kei Maluku Tenggara

JAKARTA – TEROPONGINDONESIA.com – Indonesia yang menyimpan sejuta keindahan alamnya yang sangat mempesona dan juga terkenal kaya akan budaya, adat dan istiadatnya. Kekayaan dan keindahan alam, budaya, adat dan istiadat yang dimiliki, menjadikan negeri ini menjadi salah satu pilihan prioritas para wisatawan mancanegera yang ingin menikmati indanya alam. Indonesia memiliki banyak sekali tempat atau wilayah yang dapat dijadikan referensi untuk berwisata dan tempat-tempat tersebut tidak melulu di pulau jawa atau bali saja tetapi wilayah lainnya juga memiliki berbagai macam potensi yang tak kalah indahnya. Salah satu wilayah yang sangat mempesona di Indonesia ini adalah Kepulauan Kai, Maluku Tenggara -‘Provinsi Maluku. Dimana di kepulauan Kei, Maluku Tenggara ini, terdapat tempat wisata dengan salah satu pasir terhalus di dunia yang dikenal dengan nama pantai “Ngur Bloat” (Pasir Panjang).

Foto : Launching embalku.com

Potensi pariwisata di kepulauan kei sangatlah besar, karena di sana ada Pantai yang memiliki pasir terhalus di dunia yakni pantai ngur bloat. Namun selain pantai ngur bloat, ada juga pantai lain yang tak kalah indahnya, pantai ngur sarnadan, pantai ohoider tavun, pantai madwaer, pantai ohoider tutu di kei kecil dan pantai ler ohoilim di kei besar. Selain pantai ada juga pulau tak berpenghuni yang memiliki keindahan pantai yang tak kalah
mempesona, pantai ngur tavur (pasir timbul) yang memanjang sampai ketengah laut dan juga apabila kita beruntung kita bisa melihat burung pelikan bermain disana.

Dengan berbagai macam potensi pariwisata dan perikanan kelautan yang ada di kepulauan Kei mendorong kami untuk membentuk embalku.com.karena embal merupakan makan pokok khas orang kei pulau/suku, yang dihasilkan dari singkong racun enbal yang diparut dan diperas airnya yang mengandung sianida hingga kering dan menjadi teoung sehingga dapat di olah menjadi makanan dan dapat ditemukan di setiap rumah di kei, sehngga enbal selain sebagai makanan khas juga sebagai simbol persatuan karena embal dapat menembus sekat-sekat perbedaan yang ada maka wadah ini dibentuk dengan harapan agar dapat menjadi media untuk menghubungkan Kei dengan dunia. Sehingga siapapun yang tenarik dengan Kei dapat mengaksesnya lewat website embalku.com. Web inipun bertujuan untuk memperkenalkan dan mempromosikan potensi~ potensi sumber daya alam dalam sektor pariwisata pantai, pulau, bukit, gua, adat  budaya serta kuliner dan perikanan kelautan seperti Ikan, Rumput Laut, Mutiara, Lola dan Teripang.

READ  Dorong Ekonomi Warga, Mahasiswa KKN UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Buat Tambak Ikan Desa

Media inipun bertujuan untuk menjalin tali silaturahmi dan persaudaran sesama orang kei dimanapun berada. Dengan harapan agar dapat menjaga dan melestarikan budaya dan adat istiadat di setiap pulau-pulau yang ada di kei. sehingga warisan budaya leluhur tetap terjaga sententik mungkin agar terwariskan sampai kc generasi berikumya. Selain dan diarapkan dapat membuka peluang dan kesempatan kepada pemuda kei untuk berkarya dalam sektor pariwisata dan perikanan kelautan. Sehingga terciptanya pemuda kei sebagai enterpreuner dan sosiopreuner.

Maka diadakanlah launching awal menuju grand launching pada bulan mei nanti yang dikemas dalam sebuah pentas seni dan budaya yang akan menampilkan seluruh potensi sumber daya alam yang dimiliki. Sehingga kegiatan tersebut diharapkan dapat didukung oleh stakeholder baik daerah maupun pusat dan semua pihak yang ingin atau tertarik membangun kei dengan potensi sumber daya alam yang ada.(Evelyne)

Advertisement

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.