Danone-AQUA Dan TP-PKK Pusat Bangun Kolaborasi Wujudkan Keluarga Sehat Indonesia Di Tahun 2030

  • Whatsapp

Jakarta- TEROPONG INDONESIA – Kolaborasi Danone AQUA dan TP-PKK mewujudkan keluarga sehat Indonesia di tahun 2030, untuk mendorong Pemerintah Indonesia untuk memenuhi target Sustainable Development Goals ( SDGs) melalui peningkatan pengetahuan dan kapasitas Ibu di Indonesia dalam bidang kesehatan.

Pemerintah Indonesia telah berkomitmen untuk mendukung pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs) untuk mencapai kesehatan dan masyarakat dan bumi. Pada 2015, Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, mengukuhkan komitmen Indonesia tersebut dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 59 Tahun 2017 mengenai Peiaksanaan Pencapaian Tujuan Pembangunan, tujuannya adaiah untuk meningkatkan kesehatan masyarakat Indonesia.

Peningkatan kesehatan masyarakat Indonesia dimulai dari keluarga dan peran Ibu sangatlah penting mtuk mendorong keberhasilannya, Sesuai dengan agenda perbaikan kualitas pangan dan gizi masyarakat pada Rencana Panbangunan jangka Menengah Nasionai 2015-2019, Ibu memiliki peran kunci daiam perbaikan gizi dalam keluarga sebagai langkah awal menciptakan kebiasaaan sehat dalam keluarga.

Riset di 13 negara yang dipubiikasikan European Joumal of Nutrition, diketahui bahwa 1 dari 4 anak di Indonesia masih kurang minum, dimana 30% yang dikonsumsi bukanlah air putih, karna itu, bayi dan anak-anak rentan mengalami kekurangan cairan tubuh, selain itu, remaja dan dewasa sehat memerlukan air sebanyak dua liter per hari, namun data menunjukkan bahwa sebanyak 40% orang dewasa dan 36% remaja Indonesia belum memenuhi asupan hidrasi yang cukup, masyarakat Indonesia tidak hanya kurang minum, namun masih banyak yang belum menyadari pentingnya mengetahui jenis air minum yang sehat dan aman untuk dikonsumsi karena air minum yang kurang higienis dapat menjadi sumber beragam penyakit.

Perusahaan yang telah 45 tahun menyebarkan nilai kebaikan hidup pada setiap Individu, Danone-AQUA merasa terpanggil untuk menjadi bagian dari perwujudan kesehatan masyarakat Indonesia. Hal ini sejalan dengan nilai ’One Planet. One Health’ yang menjadi slogan dan cita-cita Danone untuk mengajak seluruh masyarakat agar menjaga gaya hidup sehat dan memeiihara kelestarian bumi melalui makanan dan minuman yang mereka konsumsi.

Danone~AQUA yang memiiiki misi untuk menginspirasi masyarakat Indonesia melalui hidrasi sehat melihat pentingnya membekali para ibu dengan keterampilan khusus untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan keluarganya. Lewat program peiatihan ”Ibu Sehat, Keluarga Sehat”, Danone-AQUA bekerja sama dengan Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Pusat untuk memberdayakan para Ibu Indonesia agar meningkatkan pengetahuan dan tanggap bagi keluarganya. Sebagai komunitas Ibu terbesar di Indonesia, Danone-AQUA melihat PKK sebagai mitra yang tepat untuk menjangkau para Ibu yang membutuhkan dukungan. Program pelatihan akan berpusat pada edukasi kesehatan dan keamanan air minum berikut konsep nutrisi dan hidrasi sehat untuk mewujudkan keluarga Indonesia yang sehat dan sejahtera. Selain itu, pelatihan manajemen keuangan, diskusi kesehatan dengan para ahli kesehatan, dan olah raga bersama juga disediakan untuk menambah keterampilan para lbu untuk keluarganya.

Pelatihan ”Ibu Sehat, Keiuarga Sehat”, akan diadakan secara di 34 provinsi, diawali dengan 10 provinsi sebagai fokus awal 2018. Program ini diharapkan dapat menjangkau sebanyak lebih dari 8juta Ibu PKK di seluruh Indonesia 2018-2020. Kader PKK terbaik juga akan ditentukan pada Hari Ginjal Sedunia (World Kidney Day) setiap bulan Maret.

”Banyak dari kita yang belum menyadari pentingnya peran Ibu dalam menjaga kesehatan dan kesejahteraan keluarga maupun lingkungannya. Oleh sebab itu, sebagai anggota dan perpanjangan tangan PKK untuk mencapai target 5065, kami meiihat adanya kebutuhan untuk membekali para Ibu dengan edukasi dan keterampilan yang tepat. Dengan adanya kolaborasi strategis bersama Danone-AQUA, kami semakin optimis untuk dapat membantu keluarga Indonesia menjadi semakin sehat”, kata Ketua Umum TP-PKK, dr. Emi Guntarti Tjahjo Kumolo.

Menggunakan metode Trainer of Trainers (TOT), selama tiga tahun kedepan, para kader perwakilan masing-masing provinsi akan mengikuti pembekalan khusus yang diharapkan dapat diturunkan ke para kader melaiui Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) di daerah masingmasing.

”Kami berterima kasih kepada TP-PKK Pusat yang mau bersama-sama untuk meningkatkan peran para ibu untuk mewujudkan keluarga Indonesia yang sehat. Kami menyadari potensi dan kemampuan yang dimiiiki oieh para Ibu di Indonesia dan kami percaya melalui kolaborasi ini, para Ibu Indonesia dapat semakin bijaksana dalam mengambii keputusan, terutama untuk kesehatan keluarganya. Karena dibalik keluarga yang sehat, pasti ada Ibu yang sehat yang memiliki pengetahuan mengenai kesehatan keluarga. Hal inilah yang ingin kami komunikasikan kepada para lbu, karena Ibu memiiiki peranan yang sangat penting dalam pembentukan keluarga yang sehat dan sejahtera”, kata Vera Galuh Ukraine, Vice President General Secretary Danone Indonesia.

”Kami harap dengan adanya kerja sama ini, Danone-AQUA dan PKK tidak hanya membantu menciptakan Indonesia Sehat, sesuai dengan program kerja Departemen Kesehatan Republik Indonesia, namun juga dapat memberikan kontribusi Iangsung daiam pencapaian SDGs di tahun 2030′, tutup Vera.(Evelyne)

Pos terkait