Jaga Netralitas, Anggota Polri Dilarang Unggah Foto Bareng Calon Kepala Daerah

JAKARTA, TEROPONG INDONESIA.com – Mabes Polri melarang anggotanya mengunggah foto bersama calon kepala daerah yang mengikuti kontestasi Pilkada. Hal itu guna menjaga netralitas Polri dalam gelaran pesta demokrasi 5 tahunan tersebut.

“Berfoto boleh, tapi di-upload ke Medsos itu yang tidak boleh sama sekali,” kata Kabag Penum Polri Kombes Martinus Sitompul saat dikonfirmasi, Sabtu (13/1/2018).

Menurut Martinus, anggota Polri yang berfoto dengan calon kepala daerah bisa menimbulkan salah paham di masyarakat soal netralitas aparat kepolisian. Polri khawatir unggahan foto anggotanya dengan peserta Pilkada akan membuat masyarakat menganggapnya sebagai bentuk dukungan. “Nah ini yang harus kita cegah,” kata Martinus.

Selain itu, saat anggota kepolisian berfoto bersama calon kepala daerah, bisa saja warga ikut mengabadikan momen tersebut lalu mengunggahnya ke media sosial. Martinus mengatakan, risiko tersebut juga harus menjadi pertimbangan bagi anggotanya.

“Berfoto pun kalau bisa jangan sampai dilakukan,” ujar Martinus seraya menjelaskan imbauan tersebut berlaku bagi perwira maupun bintara.(red/trpng)

Pos terkait