Dinkes Kota Bekasi Targetkan 973.634 Jiwa Penerima Vaksinasi

  • Whatsapp

BEKASI, TEROPONG INDONESIA.com – Guna mencegah bahaya infeksi dan penularan penyakit difteri yang kini tengah marak di masyarakat, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bekasi mengimbau kepada seluruh masyarakat Kota Bekasi untuk melakukan imunisasi atau vaksinasi

Hal itu disampaikan Kepala Dinkes Kota Bekasi, Kusnanto Saidi dalam jumpa presnya saat menggelar Sosialisasi dan Bahaya Difteri pada Jumat, (15/12/2017)

Kusnanto mengatakan, salah satu faktor penyebab terjadinya penyakit dan penularan difteri ialah kurangnya kekebalan tubuh dan tidak adanya proteksi dini dalam tubuh seseorang.

“Penyakit difteri ini disebabkan oleh bakteri Coryne Bacterium Diphtheriae yang jika menyebar didalam tubuh akan menyembabkan komplikasi bahkan memacu timbunya penyakit berbahaya seperti kerusakan pada bagian otot jantung dan sistem syaraf,” ujarnya.

Dinkes Kota Bekasi sendiri sudah menargetkan sasaran penerima vaksinasi terhadap 973.634 jiwa yang meliputi balita, anak-anak, dan remaja mulai usia 1 – 19 tahun.

Untuk penyediaan vaksin sendiri, kata Kusnanto, pihaknya telah mengirimkan data calon penerima vaksis kepada Kementrian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) sesuai dengan target sasaran.

“Dari target sasaran penerima vaksin 973.634 jiwa, sampai pertengahan Desember 2017 ini sudah kita berikan kepada 32.057 orang. Mereka meliputi balita dan anak sekolah. Dan untuk stok vaksin sendiri, sampai hari ini kita punya stok vaksin sekitar 155.265 vaksin untuk masing-masing kategori,” bebernya.

Dari total 155.265 vaksin yang tersedia di Dinkes Kota Bekasi, Kusnanto menjabarkan, 67.123 vaksin (DPT, HB, Hib) diperuntukkan kepada balita usia 1-5 tahun, 13.301 vaksin DT diperuntukkan kepada anak usia 5-7 tahun, dan 74.841 vaksin TD diperuntukkan kepada anak dan remaja usia 7-19 tahun.

Pemberian vaksinasi pun akan dilakukan diseluruh Puskemas, Posyandu, dan Sekolahan yang ada di Kota Bekasi. Selain itu, Dinkes juga telah bekerja sama dengan 8 rumah sakit besar untuk fokus memberikan vaksin terhadap masyarakat Kota Bekasi secara gratis.

Diantaranya, RSUD Kota Bekasi, RS Hermina, RS Awal Bros, RS Siloan, RS Mitra Cibubur,  RS Mitra Keluarga, RS Ana Medika

Untuk itu, ia berharap, guna meminimalisir dan mencegah bahaya penyakit difteri yang kini tengah mengacam, maka masyarakat diminta untuk segera melakukan imunisasi atau vaksinasi yang telah pihaknya sediakan.

“Intinya kami berharap agar masyarakat Kota Bekasi mau dan bersedia melakukan vaksinasi guna pencegahan penyakit menular yang berbahaya, seperti difteri ini,” pungkasnya.(norton)

Pos terkait