Sungai Citarum meluap, 3 kecamatan di Bekasi terendam banjir

CIKARANG, TEROPONGINDO.com РSungai Citarum di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat meluap, Kamis (16/2) pagi. Akibatnya, rumah penduduk yang berada di tiga kecamatan yang dilintasi sungai tersebut banjir hingga satu meter.

“Air mulai masuk ke permukiman warga sekitar pukul 04.00 WIB,” kata Relawan BPBD Kabupaten Bekasi, Budi Jalu, Kamis (16/2).

Ia mengatakan, ada tiga kecamatan yang terdampak banjir. Di antaranya di Kecamatan Cikarang Timur, Kedungwaringin, dan Muara Gembong.

Meski banjir mencapai hingga 1 meter, namun pihaknya memastikan tak ada warga yang mengungsi. Warga, kata dia, memilih untuk tetap bertahan di rumahnya masing-masing, sebab banjir tersebut sudah menjadi kebiasaan.

“Mereka sudah terbiasa dengan banjir akibat luapan Sungai Citarum,” katanya.

Dia mengatakan, banjir tersebut lantaran debit sungai Citarum meningkat, karena kiriman dari hulu di daerah Purwakarta, Jawa Barat. Hal ini diperparah dengan kondisi laut yang mengalami pasang, sehingga air lama mengalir ke laut. “Tapi sudah berangsur surut, meski demikian kami tetap menyiagakan logistik untuk evakuasi warga,” ujarnya (red)

 

 

Pos terkait