Launching Trailer Dan Soundtrack Film MOONRISE OVER EGYPT

  • Whatsapp

Jakarta – Teropong Indonesia – Grand Indonesia Jakarta, 10 November 2017
Yayasan lndovasi, sebuah lnstitusi yang bertujuan menyebarkan nilai-nilai lnovasi berlandaskan kebudayaan Indonesia (lndovasi) bekerja sama dengan TVS Films merilis trailer dari sebuah film sejarah mengenai kisah perjuangan mendapatkan kedaulatan Republik Indonesia pada tahun 1947. Film yang berjudul Moonrise Over Egypt ini mengisahkan perjuangan diplomasi pertama Republik Indonesia yang dipimpin oleh Haji Agus Salim dengan anggota delegasi yang terdiri dari Abdurrahman Baswedan, Mohammad Rasjidi serta Nazir Pamoentjak .

Film ini mengangkat sejarah perjuangan kemerdekaan sebagai tema utama telah banyak dibuat. Kisah keberanian para pahlawan Nusantara di medan pertempuran dituturkan oleh banyak sineas dengan berbagai cara.

Bacaan Lainnya

Namun, kemerdekaan Indonesia juga diraih melalui meja-meja diplomasi. Hal tersebut coba diangkat ke Iayar perak oleh film Moonrise Over Egypt,

menuturkan kisah misi diplomatik Indonesia dalam memperoleh pengakuan kedaulatan RI di Timur Tengah pada tahun 1947.

“Film Moonrise Over Egypt ini mungkin film pertama yang mengangkat tema mengenai diplomasi untuk memperjuangkan kemerdekaan RI,” kata Amir Sambodo, produser Moonrise Over Egypt.

Produksi Moonrise Over Egypt telah dimulai. Kru dan para pemain utama film tersebut berkunjung ke Cairo pada 6 hingga 10 Agustus 2017. Di sana mereka melakukan pengambilan gambar di sejumlah lokasi di Mesir. Seperti, Masjid AI Azhar, jembatan bersejarah Qasr AI-Nil, Citadel Salah El Din, pasar Khan El-Khalili, serta kawasan KBRI Cairo.
Hasil karya rumah produksi PT Tiga Visi Selaras.

Hasil karya rumah produksi PT Tiga Visi Selaras (TVS) Film ini mengangkat kisah empat tokoh, yaitu Haji Agus Salim (Wakil Menteri Luar Negeri RI) yang menjadi pemimpin delegasi, Abdurrahman Baswedan (Wakil Menteri Penerangan), Mohammad Rasjidi (Sekjen Departemen Agama), serta Nazir Datuk Sutan Pamuntjak (Pejabat Departemen Luar Negeri)

Keempatnya pada April 1947 dikirim oleh Presiden Soekarno ke Mesir untuk memperoleh pengakuan kedaulatan atas Republik Indonesia dari Mesir dan negaranegara Timur Tengah Iainnya. Pengakuan kedaulatan dari negara-negara asing sangat penting bagi Republik Indonesia yang baru memproklamirkan kemerdekaannya pada tahun 1945. Karena hal tersebut menjadi syarat berdirinya suatu negara, disamping memiliki pemimpin, rakyat, dan wilayah.

“Karena itulah kisah para delegasi ini Iayak untuk diketahui oleh masyarakat,” ujarnya. Kedatangan para utusan tersebut memang memegang peran sangat penting. Mereka antara Iain bertemu dengan Sekjen Liga Arab Abdurrahman Azzam dan Perdana Menteri merangkap Menteri Luar Negeri Mesir Mahmoud Fahmi Nokrasyi Pasya.

ualam rum Moonrise.uver tgyptjuga diceritakan mengenai peranan mahasiswa Indonesia di Mesir dalam membantu terwujudnya pengakuan kedaulatan Indonesia oleh Mesir. Film tersebut sekaligus menjadi potret dari catatan sejarah mengenai besarnya peranan para pelajar Indonesia di Negeri Seribu Menara dalam perjuangan kemerdekaan RI di Timur Tengah.

“Film ini dapat menjadi sumber inspirasi bagi mahasiswa Indonesia yang saat ini belajar di Mesir, untuk terus memberikan sumbangsihnya bagi tanah air,” ujar Duta Besar LBBP RI untuk Mesir, Helmy Fauzy.

Setelah menyelesaikan pengambilan gambar di Cairo, para kru Moonrise Over Egypt akan melanjutkan proses produksi. Film tersebut ditargetkan mulai tayang di bioskop-bioskop tanah air pada awal 2018.

Film ini dibitangi pemain senior dikombinasi dengan bintang-bintang muda, seperti Pritt timothy, Mark Sungkar, Vikri Rahmat, Reza Smash, lna Marika, Satria Mulia, Bhisma Wijaya, drh. Ganda, James Ripley Dixon, Alex lhunanny, Harry Bond Jr, Cris de Lima, Chintya Ceye, Steven Almero, Adrian Akbar, Oce Permatasari, Hadil, dan lainnya.

Salah satu cucu dari Haji Agus Salim, Ihong Siahroezah mengatakan, “Film lni diharapkan akan menginspirasi masyarakat pada umumnya akan pentingnya kedaulatan suatu negara.” Sedangkan Anis Baswedan yang merupakan cucu dari AR Baswedan mengatakan, “Film ini lnisiatlf baik yang memberikan alternatif tontonan bagi masyarakat.”

Selain trailer, lndovasi dan TVS Films juga merilis soundtrack film yang seluruh lagunya ditulis oleh Amir Sambodo, Ketua Pembina lndovasi sekaligus eksekutif produser film Moonrise Over Egypt. Sedangkan musiknya dibuat oleh Donny Suhendra. Penyanyi yang membawakan lagu ini antara lain Roy leconlah, Syaharani, Reza Smash, dan lna Marika.

Film Moonrise Over Egypt yang diceritanya diwarnai kisah spionase, penghianatan sampai roman ini diharapkan oleh produsernya, Adie Manuki, dapat menjadi tontonan yang menghibur semua pecinta film. Sedangkan sutradara Pandu Adlputra mengatakan bahwa film ini dipersembahkan bagi seluruh rakyat lndonesia yang hangga akan bangsanya.(Evelyne)

Pos terkait