Presiden Jokowi Bakal Resmikan Tol Bandara Kualanamu-Sei Rampah

  • Whatsapp

MEDAN, Teropong Indonesia.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan meresmikan operasional jalan tol dari Bandara Kualanamu Kabupaten Deli Serdang menuju Sei Rampah Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatra Utara pada 10 Oktober 2017.

Rencana peresmian itu disampaikan Direktur Utama PT Jasa Marga (Persero) Tbk Desy Arryani dalam Festival Jalan Tol di gerbang tol Bandara Kualanamu, Minggu (1/10/2017)Presi

Muat Lebih

Peresmian oleh Presiden Jokowi tersebut merupakan awal dari operasional tol Bandara Kualanamu.

Pihaknya masih menunggu kepastian jadwal Presiden Joko Widodo dalam meresmikan ruas jalan tol dengan panjang 42 km tersebut.

“Rencananya akan diresmikan 10 Oktober ini. Namun masih tentatif waktunya, kita tunggu saja,” katanya.

Menurut dia, ruas jalan tol dengan rute dari Bandara Kualanamu, menuju, Lubuk Pakam, Teluk Mengkudu, hingga Rampah itu merupakan jalan tol terpanjang di Sumatra, bahkan terpanjang di luar Pulau Jawa.

Jumlahnya akan semakin panjang jika pembangunan Seksi 1 dari Tanjung Morawa dan Seksi 7 dari Sei Rampah menuju Tebing Tinggi selesai.

Jika seluruh ruas tersebut dapat diselesaikan, maka panjang jalan tol tersebut akan mencapai 61,2 km dan akan terkoneksi dengan tol Belawan, Medan, dan Tanjung Morawa (Belmera).

“Rencananya jalan tol Medan-Kualanamu-Lubuk Pakam-Sei Rampah sampai Tebing Tinggi itu akan diresmikan pada kuartal III tahun 2018,” kata Desy.

Direktur Utama PT Jasa Marga Kualanamu Tol Agus Suharjanto mengatakan, saat ini ada beberapa kendala yang dialami dalam penyelesaian pembangunan Seksi 1 dan Seksi 7 itu yakni pembebasan lahan. Pihaknya terus melakukan berbagai upaya untuk mempercepat pembebasan lahan itu, seperti melakukan pendekatan ke masyarakat dan menempuh upaya konsinyasi.

Sementara itu, Coorporate Secretary PT Jasa Marga Persero Tbk Agus Setiawan menyatakan, pihaknya sengaja menggelar Festival Jalan Tol menjelang operasional dam peresmian yang rencananya akan dilakukan Preskden Joko Widodo.

Festival tersebut sengaja digelar, untuk mengajak masyarakat agar dapat melihat langsung jalan tol sebelum diresmikan. Festival yang dipusatkan di gerbang tol Bandara Kualanamu meliputi jalan santai dengan jarak 5 km, serta sepeda santai dengan jarak bervariasi yakni 15 km, 45 km, dan 85 km.

Selain panggung hiburan dan lucky draw dengan hadiah utama betupa dua unit sepeda motor, pihaknya menyediakan jajanan khas Medan seperti bakso Medan yang disuguhkan gratis untuk peserta.(RED/ANT)

 

Pos terkait