IAD Kejagung Gelar Periksa Gratis, Cegah Penyebaran Kanker Serviks

  • Whatsapp

CIKARANG, Teropong Indonesia.com – Sebanyak 220 perempuan di Kabupaten Bekasi menerima pemeriksaan dan pengobatan Inspeksi Visual Asam (IVA) untuk pencegahan kanker leher rahim (serviks) dan payudara yang diselenggarakan Ikatan Adhyaksa Dharmakarini (IAD) Kejaksaan Agung Republik Indonesia.

Pemeriksaan penyakit tersebut dilakukan di kantor Kejaksaan Negeri Kabupaten Bekasi, Komplek perkantoran Pemkab Bekasi, Desa Sukamahi, Kecamatan Cikarang Pusat, Jum’at (29/9).‎

Bacaan Lainnya

Ketua Ikatan Adhyaksa Dharmakarini Kejaksaan Agung, Roos Ellyana Prasetyo, mengatakan, kegiatan pengabdian masyarakat IAD ini dalam rangka membantu program pemerintah meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, khususnya kaum perempuan.

Dia mengungkapkan, data dari Badan Kesehatan Dunia atao World Health Organization (WHO) menyebut, penyakit kanker leher rahim (serviks) saat ini menduduki peringkat teratas di antara berbagai jenis kanker yang menyebabkan kematian pada perempuan di dunia.

“Kami‎ berharap, dengan kegiatan pemeriksaan gratis khusus cegah penyakit kanker serviks ini, akan semakin banyak perempuan yang terselamatkan dari penyakit berbahaya dan ancaman kematian,” jelas istri Kepala Kejaksaan Agung itu.‎

Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi, Sri Enny menambahkan, potensi penyakit tersebut cukup tinggi. Sehingga, upaya pencegahan secara rutin dan gratis seperti ini perlu dilakukan di semua elemen masyarakat dan instansi pemerintah.

‎Upaya pencegahannya, ada lima hal yang perlu diperhatikan. Yakni, tidak melakukan hubungan intim sebelum berusia 20 tahun, membatasi jumlah anak, hindari konsumsi obat-obatan tertentu seperti suntik dan pil KB dan disarankan dengan spiral, serta tidak berganti pasangan.‎

“Fenomena kanker serviks ini seperti piramida terbalik. Sedikit di atas namun banyak di bawah. Dan bahayanya sampai menyebabkan kematian. Contoh kasus seperti Jupe (Julia Perez-red) kemarin. Kami sangat mengapresiasi dan menyambut baik kegiatan yang dilakukan pihak Kejaksaan. Semoga kedepan Kejaksaan kontinyu menyelenggarakan acara serupa,” tutupnya.(RED)

 

Pos terkait