oleh

Mahasiswa UI Unjuk Rasa di DPR, Protes Perpanjangan Pansus KPK

-Jabodetabek-147 views

JAKARTA, TEROPONG .com – Lebih dari 100 mahasiswa dari Universitas Indonesia menggelar aksi di halaman Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (5/10/2017) sore.

Para mahasiswa memprotes perpanjangan masa kerja Panitia Khusus Hak Angket KPK dan hasil praperadilan Setya Novanto.

Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) UI, Muhammad Syaeful Mujab menuturkan, aksi tersebut baru merupakan aksi pemanasan massa. Pihaknya tengah mengkonsolidasikan aksi tersebut dengan kampus-kampus se-Indonesia.

“Akan ada gerakan bersama,” kata Mujab, Kamis.

Mujab menyampaikan, pihaknya tak akan meminta bertemu dengan Pansus Angket KPK melainkan dengan Pimpinan DPR. Hal ini karena mereka tak mengakui keabsahan pansus angket.

(Baca: Pansus Angket KPK: Mahasiswa Kerahkan 1.000 Massa, Kami Dorong untuk 5.000)

“Sebagaimana pun bertemu pihak yang kontra dengan angket, dia akan tetap menjalankannya karena dia enggak dengar aspirasi dr kami,” tuturnya.

Adapun pimpinan yang ingin ditemui, kata dia, adalah Fahri Hamzah dan Fadli Zon. Mujab menambahkan, keduanya juga merupakan alumni UI.

Sebelum aksi, perwakilan massa juga sudah menghubungi keduanya namun tak mendapat respons. Mereka juga secara massal mengirimkan pesan singkat kepada dua wakil ketua DPR RI itu.

“Semua massa di sini kami minta utk nge-chat Fahri Hamzah dan Fadli Zon,” kata dia.

(Baca: Pansus Angket: Kalau KPK Hadirnya Tunggu Kiamat, Kami Tunggu)

Ke depannya, mereka mengagendakan aksi lanjutan bersama mahasiswa se-Indonesia dan bertemu Presiden Joko Widodo. Meski jadwalnya belum ditentukan, namun Mujab memastikan aksi tersebut dilaksanakan Oktober ini.

“Soon or later kami akan ke presiden. Agar presiden tidak hanya bertindak seperti kepala pemerintahan tapi juga kepala negara,” ujarnya.

Aksi dimulai sekitar Pukul 17.00 WIB dan berlangsung sekitar satu jam serta diakhiri dengan aksi lempar koin.

“Kami lempar koin untuk DPR kali aja mereka kurang korupsi, kami akan nyumbang,” tutur Mujab (KOMPAS.COM)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed